Author Archives: Operator BPM

Rapat Koordinasi Persiapan Monev Awal Perkuliahan Semester Genap 2019/2020

Menyambut awal perkuliahan mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2019/2020 di Universitas Negeri Semarang (UNNES), persiapan yang dilaksanakan adalah rapat koordinasi dan pelaksanaan monitoring evaluasi awal kuliah, Senin 2 Mared 2020 di Ruang Rapat Rektor, dihadiri para Pejabat UNNES bersama Badan Penjaminan Mutu. Kegiatan ini dalam rangka untuk kelancaran pelaksanaan perkuliahan di awal semester genap.

Aspek yang dimonitor adalah sarana dan prasarana perkuliahan diantaranya sistem informasi pendukung akademik, kesiapan dosen dan mahasiswa, dan infrastruktur perkuliahan.

Rapat Kerja Biro Akademik, Kerjasama dan Kemahasiswaan (BAKK) dan Unit Kerja Bidang I, III, IV

Badan Penjaminan Mutu (BPM) sebagai salah satu unit di bawah koordinasi Bidang Akademik mengikuti rapat kerja yang diselenggarakan oleh Rektorat pada tanggal 25 – 27 Februari 2020 di Nava Hotel Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah. Rapat kerja diselenggarakan oleh Biro Akademik, Kerjsama dan Kemahasiswan (BAKK) dan diikuti oleh kurang lebih 113 peserta yang terdiri dari tim unit kerja bidang I, III, IV. Dr. Abdurrahman, M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan membuka kegiatan serta memberikan arahan pelaksanaan kegiatan dilanjutkan sambutan dari Prof. Dr. Zaenuri, M.Si., Akt. Selaku Wakil Rektor Bidang Akademik.

Agenda kegiatan hari pertama diisi dengan paparan dari seluruh unit kerja peserta rapat kerja. Unit kerja memaparkan hasil evaluasi kinerja tahun 2019 dan rencana program kerja untuk tahun 2020. Hari kedua diawali dengan kegiatan outdoor dalam bentuk outbond untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan melatih kerjasama tim. Selanjutnya diadakan diskusi antar bidang yang merupakan inti kegiatan rapat kerja yang dipimpin oleh Dr. Amir Mahmud, M.Si. Pada diskusi kali ini diberikan kesempatan semua unit kerja untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi selama ini di unit masing-masing. Diskusi ini bertujuan untuk memberikan solusi bersama atas kendala-kendala yang terjadi di unit kerja. Penutupan pada hari ketiga dengan penyimpulan atas laporan dan diskusi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dengan adanya kegiatan rapat kerja antar bidang ini diharapkan akan memberikan dampak positif atas produktifitas kinerja unit serta memberikan jawaban yang solutif atas kendala yang terjadi selama ini untuk ditemukan jalan keluarnya.

Penandatanganan MoU dan Workshop Kebijakan Implementasi IAPT 3.0 dan IAPS 4.0

Universitas Negeri Semarang (UNNES) Menggadakan Workshop Kebijakan dan Implementasi IAPT 3.0 dan IAPS 4.0, Pada Hari Jumat 31 Januari 2020 di Gedung Rektorat Universitas Negeri Semarang Sekaran Gunungpati.

kegiatan ini merupakan silaturahmi akademik sekaligus berdiskusi dengan Dewan Eksekutif BAN-PT Sugiyono PhD terkait dengan Kebijakan Akreditasi terbaru termasuk juga mengulik sedikit tentang permendikbud No 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi.

Agung Yulianto mengatakan, akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Perguruan Tinggi wajib menyampaikan usulan akreditasi melalui SAPTO sesuai Peraturan BAN-PT No.59 Tahun 2018. Program studi juga wajib menyampaikan usulan akreditasi melalui SAPTO sesuai Peraturan BAN-PT No. 2 Tahun 2019.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt saat membuka kegiatan menyampaikan, kampus UNNES merupakan kampus yang Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Akreditasi UNNES akan berakhir 2021, untuk itu mulai saat ini UNNES harus
mempersiapkan akreditasi perguruan tingginya dengan semaksimal mungkin agar tetap mempertahankan akreditasi “Unggul”.

Acara dilanjutkan Workshop Kebijakan dan Implementasi IAPT 3.0 dan IAPS 4.0 oleh Dewan Eksekutif BAN-PT Sugiyono PhD dan dihadiri 141 peserta.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan lima perguruan tinggi Mitra POLTEKTRANS SDP Palembang, STIEPARI, Palcomtech Palembang, Universitas Peradaban Brebes , dan Universitas Selamet Sri Kendal.