Author Archives: Operator BPM

Lokakarya QS-Star dan AUN-QA

img_7115 img_7112 img_7108

Tahun 2017 merupakan tahun reputasi bagi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sesuai dengan visi UNNES yaitu menjadi Universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, maka UNNES berpacu untuk dapat mewujudkan visi tersebut. Salah satu langkah yang diambil adalah mengikuti pemeringkatan internasional melalui program QS-Star dan Asean University Network Quality Assurrance (AUN-QA). Beberapa proses telah dijalani, termasuk mengikuti pelatihan AUN-QA di Thailand pada tahun 2016 dengan diikuti oleh beberapa tim dari Badan Penjaminan Mutu (BPM). Selain itu dari dalam negeri, UNNES telah melakukan beberapa benchmarking ke Universitas yang telah menjadi anggota AUN, yaitu Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada.

Pada hari Senin, tanggal 27 Febuari 2017, Badan Penjaminan Mutu (BPM) mengadakan lokakarya QA-Star  dan AUN-QA di ruang pertemuan 404 gedung Rektorat lantai 4 dengan mengundang Ketua Satuan Penjaminan Mutu Institute Teknologi Bandung (ITB) selaku narasumber. Lokakarya diikuti oleh Tim Badan Penjaminan Mutu, koordinasi penjaminan mutu Fakultas dan Pascasarjana, kaprodi dan ketua tim AUN yang telah dipilih sebelumnya. (HA).

Monitoring Awal Perkuliahan Semester Genap 2016/2017

img_7100Berdasarkan Keputusan Rektor No 15 Tahun 2016 tentang Kalender Akademik dan Kemahasiswaan Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Negeri Semarang, bahwa perkuliahan semester genap 2016/2017 akan dimulai pada hari Senin tanggal 27 Februari 2017, maka akan dilaksanakan monitoring awal perkuliahan di Fakultas/PPs dan Jurusan. Monitoring tersebut akan dilaksanakan oleh Pejabat UNNES bersama Badan Penjaminan Mutu (BPM) pada hari Senin, 27 Februari 2017. Adapun monitoring dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan semua perangkat perkuliahan telah terunggah, sarpras perkuliahan siap digunakan serta semua dosen dan mahasiswa hadir.

Sebelum palaksaan monitoring dan evaluasi, diadakan rapat koordinasi dengan peserta para pemonev yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Ketua dan sekretaris Badan, Ketua UPT TIK, Kepala BAKK, kabag. Pendidikan BAKK, staf Ahli bidang akademik dan tim Badan Penjaminan Mutu. Rapat koordinasi dipimpin oleh Prof. Dr. Rustono, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik di ruang rapat Rektor Gedung Rektorat lantai pukul 07.30 WIB. Diharapkan dengan adanya monitoring dan evaluasi awal perkuliahan dapat menjadi pengendali dalam pelaksanaan perkuliahan semester genap 2016/2017 yang akan berjalan. (HA).

Monitoring dan Evaluasi Kinerja Prodi Semester Gasal 2016/2017

3  2  1

Capaian suatu unit harus dipantau perkembangannya melalui monitoring dan evaluasi kinerja dalam kurun waktu tertentu. Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) melakukan monitoring dan evaluasi untuk beberapa sasaran, salah satunya kinerja Prodi. Penilaian kinerja Prodi diukur berdasarkan beberapa indikator, diantaranya proses upload perangkat perkuliahan, proses input nilai, kinerja dosen, jumlah lulusan mahasiswa, dan indikator lain yang tidak dapat diukur secara kuantitatif. Monitoring dan evaluasi akademik dilakukan secara rutin setiap semester untuk mengendalikan proses perkuliahan dan memperbaiki sistem perkuliahan pada semester sebelumnya agar lebih baik pada semester berikutnya. Hasil monitoring dan evaluasi akademik semester gasal 2016/2017 disampaikan BPM kepada Prodi pada hari Rabu, 22 Februari 2017 di ruang pertemuan 405 Rektorat UNNES. Telah diputuskan 3 besar peringkat kinerja Prodi terbaik sebagai berikut:

  1. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 sebagai Prodi terbaik I
  2. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam S1 sebagai Prodi terbaik II
  3. Prodi Manajemen sebagai Prodi terbaik III

4Kaprodi didampingi Dekan memperoleh sertifikat dari Rektor sebagai penghargaan atas capaian kinerja yang telah diraihnya. Diharapkan dengan capaian tersebut dapat lebih memotivasi Prodi untuk terus meningkatkan kinerja di segala bidang. Berikut lampiran hasil monitoring dan evaluasi akademik semester gasal 2016/2017.

Download Monitoring dan Evaluasi akademik semester gasal 2016/2017