Program Magister Pendidikan IPS dan Pendidikan Dasar Pascasarjana UNNES Divisitasi BAN PT

Dua program studi (Prodi) Program Magister (S2) Pendidikan IPS dan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) divisitasi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Senin (23/10/2017).

Dua asesor yang bertugas untuk Prodi Pendidikan IPS yakni Prof Dr Hamka Naping MA dari Universitas Hasanuddin (Unhas Makassar) dan Dr Aswar MSi dari Universitas Andalas (Unand Padang).

Sedangkan, untuk Pendidikan Dasar asesor yang bertugas Erna Wulan Syaodih MPd dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung) dan Dr Sofia Hartati MSi dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan UNNES merupakan perguruan tinggi unggul yakni sudah terakreditasi A. 2017 ini UNNES mempunyai slogan sebagai universitas reputasi, sedangkan 2018 nanti sebagai internasionalisasi.

Untuk itu, UNNES mengembangkan kapasitas berbasis prodi, jadi setiap prodi harus didorong untuk terakreditasi A. Seperti kegiatan ini menargertkan dua Prodi Pendidikan IPS S2 dan Pendidikan Dasar S2 Pascasarjana mendapat akreditasi unggul, yaitu A. (UNNES)

Divisitasi, Prodi Pendidikan Bahasa Jawa Targetkan Akreditasi A

Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa divisitasi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Kamis (19/10). Dua asesor yang bertugas adalah  Dr Pujiharto MHum dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Dr Aris Badara MHum dari Universitas Halu Oleo (UHO).

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menargetkan program studi Pendidikan Bahasa Jawa mendapat akreditasi unggul, yaitu A.

Akreditasi program studi adalah bagian dari upaya UNNES menjamin pendidikan yang berkualitas. Rektor menjadikan akreditasi program studi sebagai salah satu prioritas kerjanya.

Setelah berhasil membawa UNNES meraih akreditasi institusi A, ia terus mendorong pengelola program studi agar terus memperbaiki akreditasi program studinya. Akreditasi yang baik merupakan hal penting dan berkaitan dengan kepentingan langsung mahasiswa dan alumni. (UNNES)

Kunjungan PJM Universitas Trunojoyo Madura

Pada hari Jumat, 13 Oktober 2017, Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. bersama Kepala Pusat BPM UNNES menerima kunjungan dari Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Dalam kunjungan tersebut, dihadiri langsung Kepala Jaminan Mutu UTM Dr. Elys Fauziah, SP., MP. yang didampingi oleh Sekretaris Dr. Masduki, M.Pd., selain itu, turut mendampingi juga Koordinator Bidang Standar Mutu Dr. Arif Muntasa, M.T., dan Koordinator Bidang Akreditasi Dr. Kurniati Indahsari, M.Si.

Mengawali sambutannya, Ketua BPM UNNES Dr. Suwito menyampaikan selamat datang kepada rombongan PJM UTM atas kunjungannya ke kampus UNNES. Kunjungan ini semoga membawa hasil yang baik untuk hubungan UNNES dan UTM, khususnya dalam bidang penjaminan mutu.

Sementara itu, Sekretaris PJM UTM Dr. Masduki dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas berkenannya menerima kunjungan dari UTM. Kunjungan ini dimaksudkan untuk menimba ilmu dan pengalaman kepada UNNES khususnya berkaitan dengan penjaminan mutu. Hal ini perlu kami lakukan mengingat bahwa UTM akan menyelenggarakan  persiapan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Mengakhiri acara, sambutan Sekretaris PJM UTM Dr. Masduki menyampaikan permohonan maaf sekaligus terima kasih atas berkenannya BPM UNNES menerima kunjungan dari UTM. Kegiatan kunjungan yang bertempat di Ruang BPM Gd. Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko, Lt. 2 Kampus Sekaran tersebut kemudian ditutup dengan pemberian cindera mata dari UTM dan UNNES. (NS)