BPM UNNES Mengikuti WNSMAI di ITB

Sejumlah anggota Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNNES berangkat menuju Bandung, Jawa Barat guna mengikuti Workshop Nasional Meraih Akreditasi Internasional (WNSMAI) yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2017 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Trans Studio Mall, Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung, Jawa Barat.

Workshop ini dihadiri oleh 111 peserta yang terdiri dari para dosen, ketua program studi, dekan, serta pejabat dan tim satuan penjaminan mutu dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Perwakilan BPM UNNES yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Agung Yulianto SPd., M.Si dan Luthfi Fathan Dahriyanto S.Psi., MA. Melalui workshop tersebut BPM UNNES bersama dengan seluruh perwakilan dari perguruan tinggi di Indonesia belajar membangun pendidikan tinggi yang berkualitas internasional.

WNSMAI membahas aspek kunci yang berlaku untuk seluruh lembaga akreditasi internasional dan perlu dipersiapkan di tingkat perguruan tinggi. Dan membahas strategi dalam menyiapkan persyaratan akreditasi internasional sesuai lembaga akreditasi ABET, ASIIN dan AUN-QA. (NS).

BPM Review Borang Akreditasi Prodi BK S1 UNNES

Guna mendapat masukan dan bimbingan untuk meningkatkan kualifikasi akreditasi prodi. Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling S1 berkunjung ke Badan Penjaminan Mutu (BPM). Tim terdiri atas empat orang, yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Drs Eko Nusantoro MPd. Rombongan diterima oleh Reviewers BPM Dr Eva Banowati MSi, Rabu (5/4) bertempat di Ruang Rapat BPM Gedung LP2M Lantai 2 Kampus Sekaran. Dengan agenda rapat Review Borang IIIA, Review Evaluasi Diri dan Review Borang IIIB

Eko Nusantoro MPd menyampaikan, Prodi Bimbingan dan Konseling S1 sangat membutuhkan adanya bantuan masukan dan bimbingan dari BPM. “Prodi Bimbingan dan Konseling S1 saat ini mendapat nilai A, kami mampu mempertahankan apa yang telah teraih, bahkan menjadi lebih baik lagi”. Kata Eko Nusantoro MPd.

Perlu diketahui saat ini program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang (UNNES) jenjang S1 memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dibuktikan No. SK 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 Peringkat A Tanggal Kedaluarsa 2017-10-18.

Acara diakhiri dengan kesimpulan yakni Hasil borang IIIA cukup prospektif untuk mendukung pencapaian A karena diperkirakan skor 275 dan masih adanya perlu revisi borang IIIA, evaluasi diri dan borang IIIB. Dr Eva menyampaikan, “Prodi BK S1 sudah terakreditasi A. Untuk saat ini tantangannya lebih berat lagi yakni mempertahankan akreditasi A dari program studi FIP ini”. (NS).

Focus Group Discussion Akreditasi Internasional QS-Stars Bersama Mr. Samuel Wong

Rabu (29/3) bertempat di Ruang Rapat Pimpinan LP2M Gedung LP2M Lantai 2 Kampus Sekaran. Setelah pertemuan pada acara UNNES’ University Presidents Forum 2017 Mr. Samuel Wong – Senior Researcher, QS Asia, Singapore berkunjung ke UNNES, untuk melihat fasilitas dan aktivitas akademik di UNNES sekaligus untuk berbagi mengenai QS-Ranking dan QS-Star Rating.

QS-Stars (Quacquarelli Symonds) adalah sebuah perusahaan yang melakukan penilaian terhadap kinerja perguruan tinggi seluruh dunia dengan hasil penilaiannya berupa rating dan ranking.

UNNES terus berupaya Reputasi Internasional salah satunya melalui keikutsertaan dalam program pemeringkatan yang dilakukan oleh QS. Program ini sangat strategis karena akan menjadikan UNNES dikenal dan bersaing dengan universitas-universitas di seluruh Asia bahkan dunia.

Oleh karena itu, langkah yang akan dilakukan adalah membuat tim untuk mengumpulkan dan mengolah data dan informasi, baik dari universitas maupun dari masing-masing fakultas. Tim tersebut juga bertugas untuk mengubah data-data yang ada menjadi informasi yang dibutuhkan oleh QS-Stars.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaporkan perkembangan data-data yang ada di UNNES oleh perwakilan dari tim Badan Penjaminan Mutu. (NS).