BPM Selenggarakan Program Magang Hibah Asuh Menuju Prodi Unggul

Sebagai bukti kesungguhan, keseriusan, dan komitmen UNNES  untuk membantu Direktorat Penjaminan Mutu dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi. UNNES memenuhi persyaratan sebagai PT Unggul karena memiliki status dan peringkat akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BPM UNNES menyelenggarakan Program Magang Hibah Asuh PT menuju Prodi Unggul, Kegiatan berlangsung selama 3 hari (2-4 Agustus 2017) di Ruang Rapat BPM Gd. Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko, Lt. 2 Kampus Sekaran. Kegiatan tersebut diikuti 12 peserta dari 3 Perguruan Tinggi Asuhan yaitu: Universitas Muhammadiah Semarang (Unimus), Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang. Masing-masing perguruan tinggi mengirimkan 4 (empat) Stafnya.

Dalam laporannya Ketua BPM Dr Suwito Eko Pramono MPd, mengatakan diakhir kegiatan nantinya dilanjutkan praktik, Materi praktek ini, diharap mampu memberikan pengetahuan lebih budaya mutu perguruan tinggi.

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES, Prof Dr Rustono MHum. Dalam sambutannya, Prof Rustono, berpesan bahwa informasi dari narasumber dalam kegiatan ini merupakan hal yang penting guna segala sesuatunya berjalan sesuai harapan semua pihak dan dapat diaplikasikan di perguruan tinggi masing-masing.

Ia menjelaskan, program asuh merupakan program Kemenristekdikti untuk menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu prodi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada PT, yang dilaksanakan dengan program pengasuhan oleh PT unggul. Perguruan tinggi yang sudah unggul akreditasinya diharapkan dapat memberikan bimbingan, sehingga pada PT yang masih berakreditasi C itu bisa terdorong akhirnya mampu melakukan praktek yang baik di perguruan tingginya masing-masing untuk meningkatkan akreditasinya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah tim dari Badan Penjaminan Mutu Yang terdiri atas Ketua Dr Suwito Eko Pramono MPd, Sekretaris Agung Yulianto SPd MSi, Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal Badingatus Solikhah SE MSi Akt CA, Kepala Pusat Pangkalan Data Perguruan Tinggi  Luthfi Fathan Dahriyanto SPsi MPsi, dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Eksternal Dra Diah Vitri Widayanti DEA. Ada juga Narasumber lain yang akan didatangkan dalam kegiatan tersebut yaitu, Ketua LP2M UNNES Prof Dr Totok Sumaryanto F MPd, dan Kepala UPT TIK UNNES Mona Subagja SPd. (NS)

Rektor Apresiasi Unit dengan Kinerja Terbaik

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman memberikan penghargaan kepada sejumlah unit kerja yang berkinerja baik di kampus Sekaran, Rabu (19/7). Rektor memberikan penghargaan setelah mengevaluasi sekaligus mengapresiasi kinerja sejumlah unit kerja pada semester 1 2017 di lingkungan UNNES.

Penghargaan diberikan berdasarkan sejumlah indikator kinerja yang dikembangkan dan dikawal Badan Penjaminan Mutu (BPM). Empat aspek utama yang dinilai adalah bidang akademik, bidang umum dan keuangan, bidang kemahasiswaan, dan bidang perencanaan dan kerja sama.

Secara akumulatif, unit kerja dengan kinerja bidang akademik terbaik adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),  Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Pada bidang umum dan keuangan, Peringkat Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik diraih oleh FMIPA, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Pada bidang kemahasiswaan, peringkat prestasi mahasiswa adalah Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), FIS, dan FBS.

 

Adapun pada bidang kerja sama, kinerja terbaik diraih oleh FIK, FT, dan FMIPA.

 

 

Selain itu, FMIPA menjadi yang terbaik dalam penilaian program Hijau, Bersih, dan Sehat (H-BAT). Sedangkat FT menempati urutan kedua dan disusul FH di urutan ketiga.

Rektor mendorong setiap unit kerja agar bekerja cerdas dan tuntas untuk memajukan institusi. Rektor memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi  kepada semua unit kerja yang telah bekerja cerdas dan tuntas melaksanakan program dan kegiatan.

Rektor juga menekankan pentingnya semua unit kerja untuk mendukung program dan kebijakan universitas dalam pencapaian visi UNNES “Menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional“. Lebih lanjut Rektor mengajak semua warga UNNES bersama mengembangkan Unnes melalui pelayanan prima tri dharma perguruan tinggi.

BPM Laksanakan Program Hibah Asuh di STKIP Singkawang

Pada tanggal 12 – 14 Juli 2017, Badan Penjaminan Mutu melaksanakan program hibah asuh di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang, Kalimantan Barat. Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu dari 26 Perguruan tinggi unggulan di Indonesia yang memperoleh hibah dari DirjenPembelajarandanKemahasiswaan Kemenristek dikti. Hibah yang dimotori oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) tersebut bertujuan untuk mengasuh program studi dalam rangka menjalankan sistem penjaminan mutu menuju akreditasi unggul. Program studi yang diasuh merupakan program studi dengan tingkat akreditasi C pada perguruan tinggi swasta. Dalam hibah ini, UNNES mengasuh 3 Perguruan Tinggi yaitu: Universitas Muhammadiah Semarang (Unimus), Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang. Sedangkan prodi yang terlibat dalam pengasuhan ini adalah 30 prodi.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari di STKIP Singkawang tersebut diawali dengan Penandatangan Komitmen Kerjasama antara Ketua STKIP Singkawang Drs. Andi Mursidi, M.Si dengan Ketua BPM UNNES Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan adalah:

 

  1. FGD Penguatan Peran Penjaminan Mutu untuk meningkatkan Akreditasi Prodi dan Institusi
  2. Strategi dan Bimbingan Teknis Persiapan Visitasi Akrediatasi Prodi
  3. Strategi dan Bimbingan Teknis Akrediatasi Institusi

Mengingat sistem akreditasi BAN-PT yang berlaku saat ini telah menggunakan sistem online, dalam kegiatan tersebut juga diberikan materi terkait dengan penggunaan SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online).

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah tim dari Badan Penjaminan Mutu Yang terdiri atas Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd., Agung Yulianto, S.Pd, M.Si, Badingatus Solikhah, SE, M.Si, Akt, CA, dan Luthfi Fathan Dahriyanto, S.Psi, M.Psi.Adapun peserta yang menghadiri kegiatan tersebut Seluruh pejabat struktural di lingkungan STKIP sampai pada ketua program studi, seluruh dosen dan seluruh tenaga kependidikan sebanyak 50 peserta.Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan, sehingga program berikutnya dalam rangka pengasuhan STKIP Singkawang adalah Program Magang yang akan dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang pada bulan Agustus 2017 bersama 2 perguruan tinggi asuhan lainnya yaitu Unimus dan UNW. (BS)