Pendampingan Penyusunan Akreditasi Prodi Pengembangan Kurikulum S2

Kegiatan pendampingan dipimpin oleh Ketua BPM Agung Yulianto SPd MSi, Selasa (30/1) bertempat di Ruang Rapat BPM Gedung Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko Lantai 2 Kampus Sekaran. Pendampingan pengusulan borang akreditasi dilakukan mengingat prodi Pengembangan Kurikulum S2 sudah habis masa berlaku akreditasinya.

Tim Prodi Pengembangan Kurikulum S2 terdiri atas enam orang, yang diketuai oleh Koordinator Program Studi Dr Sri Maryati Deliana MSi.

Dalam sambutannya, Agung menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas BPM untuk melakukan pendampingan penyusunan dokumen akreditasi, hingga mengunggah SAPTO dan simulasi visitasi. Dalam kesempatan itu, Agung juga meminta kepada tim prodi agar fokus pada peningkatan akreditasi program studi. (NS)

QS-Rankings, UNNES Menuju Perguruan Tinggi Internasional

Universitas Negeri Semarang bertekad mewujudkan internasionalisasi universitas pada 2018. Untuk itu, 2018 dicanangkan sebagai tahun internasionalisasi. UNNES melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) mulai melakukan persiapan mewujudkan universitas yang dapat bersanding dan bersaing dengan perguruan tinggi terbaik di dunia. Salah satunya adalah, UNNES menyiapkan diri membentuk Tim Persiapan Pemeringkatan QS-Rankings.

Tim melakukan pertemuan pada tanggal 19 dan 26 Januari 2018 dengan pembahasan persiapan dan update data pemeringkatan QS-Rankings UNNES. Nantinya tim berharap pada tanggal 1 Februari dipastikan seluruh data terkumpul dan siap diunggah ke QS.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University. (NS)

Persiapan Akreditasi Prodi Baru Pendidikan Biologi S2

Ketua BPM Agung Yulianto SPd MSi menerima Tim Borang Akreditasi Program Studi baru yaitu Pendidikan Biologi S2. Tim beranggotakan empat orang  yang diketuai oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA Dra Endah Peniati MSi, Rabu (24/1) bertempat di Ruang Rapat BPM Gedung Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko Lantai 2 Kampus Sekaran.

Acara diawali dengan paparan dari Ketua Tim, Endah MSi, menyampaikan terkait pembukaan prodi baru disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan manfaat prodi untuk bangsa. Setelah itu, dilanjutkan pengecekan borang prodi oleh Ketua BPM.

Dalam kesimpulannya, Ketua BPM meminta kepada Tim Prodi Biologi S2 untuk memperbaiki borang. “Borang baru lebih sederhana dibanding borang lama, namun karena kriteria agak berbeda borang harus ditambah dan tidak lupa didukung data kuantitatif yang cukup”. (NS)