BPM UNNES Selenggarakan Pelatihan dan Workshop Penyusunan Dokumen SPMI

BPM UNNES menyelenggarakan Pelatihan dan Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Sebuah rangkaian kegiatan Program Magang Hibah Asuh PT menuju Prodi Unggul, Kegiatan berlangsung selama 2 hari (2 – 3 Oktober 2017) di Ruang Borobudur Gd. Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko, Lt. 3 Kampus Sekaran. Kegiatan tersebut diikuti 35 peserta dari 2 Perguruan Tinggi Asuhan yaitu: Universitas Muhammadiah Semarang (Unimus) dan Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran.

Dalam laporannya Ketua BPM Dr Suwito Eko Pramono MPd, mengatakan diakhir kegiatan nantinya dilanjutkan praktik, Materi praktek ini, diharap mampu memberikan pengetahuan lebih budaya mutu perguruan tinggi.

Acara diakhiri dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES, Prof Dr Rustono MHum. Dalam sambutannya, Prof Rustono, silahkan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat menerapkan di perguruan tinggi masing-masing.

Prof Rustono menjelaskan kembali, bahwa program asuh merupakan program Kemenristekdikti untuk menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu prodi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada PT, yang dilaksanakan dengan program pengasuhan oleh PT unggul. Perguruan tinggi yang sudah unggul akreditasinya diharapkan dapat memberikan bimbingan, sehingga pada PT yang masih berakreditasi C itu bisa terdorong akhirnya mampu melakukan praktek yang baik di perguruan tingginya masing-masing untuk meningkatkan akreditasinya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah tim dari Badan Penjaminan Mutu Yang terdiri atas Ketua Dr Suwito Eko Pramono MPd, Sekretaris Agung Yulianto SPd MSi, Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal Badingatus Solikhah SE MSi Akt CA, Kepala Pusat Pangkalan Data Perguruan Tinggi  Luthfi Fathan Dahriyanto SPsi MPsi, dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Eksternal Dra Diah Vitri Widayanti DEA. (NS)

Bimbingan Teknis Penyiapan Audit Surveillance ISO 9001:2008

Senin (2/10) Badan Penjaminan Mutu melanjutkan agenda kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyiapan Audit Surveillance ISO 9001:2008. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB, bertempat di Ruang Borobudur Gd. Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko, Lt. 3 Kampus Sekaran. Kegiatan yang diikuti para Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Penjaminan Mutu dan Ketua Program Studi dari masing-masing Fakultas yang diaudit.

Menurut Dr Suwito Eko Pramono MPd selaku Ketua BPM dalam sambutannya, Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAKK) dan tiga fakultas yang akan diaudit tahun ini, yaitu Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Ekonomi.

Dalam agenda bimtek Mereview yaitu mengulang kembali dokumen Standar Operational Prosedur (SOP) yang ada di UNNES.

Agenda kegiatan Bimbingan Teknis akan dilanjutkan pada tanggal 10-11 Oktober 2017, dengan agenda kegiatan berikutnya yaitu Opening Meeting dan Closing Meeting. (NS)

Penyampaian Hasil Monev Kinerja Akademik Semester Genap 2016/2017

Selasa (19/9) bertempat di Ruang Rapat Rektor Gedung H Lantai 2 Kampus Sekaran. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan mengagendakan Penyampaian Hasil Monitoring dan Evaluasi (monev) Kinerja Akademik Semester Genap 2016/2017.

Acara dihadiri oleh Dekan tiap Fakultas dan Direktur Pascasarjana. Sebagai pemapar adalah Agung Yulianto SPd MSi selaku Sekretaris BPM menyampaikan paparan hasil monitoring dan evaluasi akademik semester genap 2016/2017.

Setelah pemaparan, tahapan selanjutnya penyampaian piagam penghargaan kinerja Fakultas atas capaian kinerja akademik semester genap 2016/2017. Adapun perolehan peringkat kinerja fakultas adalah sebagai berikut :

Peringkat I                  : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) – Skor 2,67

Peringkat II                 : Fakultas Ekonomi (FE) – Skor 2,57

Peringkat III               : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) – Skor 2,14

Dengan adanya monev akademik tersebut diharapkan dapat mampu mendorong semangat Fakultas untuk meningkatkan kinerjanya untuk menjadi lebih baik lagi.