Review SAR AUN-QA

UNNES telah menetapkan tahun 2018 sebagai Tahun Internasionalisasi. Untuk itu, UNNES telah menyiapkan beberapa program studi untuk mengikuti program sertifikasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Berkaitan dengan itu, UNNES melalui BPM menyelenggarakan Review Self Assesment Report ASEAN University Network Quality Assurance (SAR AUN-QA), acara berlangsung Jumat-Sabtu (12-13/10) di Hotel Grasia. Acara diikuti Ketua dan Sekretaris, beserta Kepala Pusat dan Staf Akademik BPM, para Koordinator Penjaminan Mutu Fakultas, serta masing-masing Ketua dan anggota Tim Task Force dari tiap-tiap program studi. Adapun  9 (Sembilan) program studi dengan status akreditasi A yang dipersiapkan mengikuti sertifikasi dari AUN-QA, yaitu Bimbingan Konseling (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Geografi (S1), Pendidikan Matematika (S1), Biologi (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), dan Ilmu Hukum (S1).

Untuk menyempurnakan draft SAR yang telah disusun oleh prodi, UNNES menghadirkan narasumber dari eksternal yaitu Pepen Arifin PhD dari Institut Teknologi Bandung. Melalui acara yang diadakan pada hari Jumat 12 Oktober 2018, kesembilan prodi memiliki kesempatan secara langsung untuk bertanya dan berdiskusi lebih lanjut dengan narasumber yang saat ini merupakan asesor resmi yang ditunjuk oleh AUN.

Dalam sambutannya, Ketua BPM UNNES Agung Yulianto MSi mengatakan bahwa spesifikasi program studi harus disusun secara lengkap dan detail sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan sertifikasi AUN-QA. Penyusunan spesifikasi program studi merupakan bagian yang penting dari proses sertifikasi. (NS)