2017 UNNES Penuh Prestasi, Program Internasionalisasi UNNES 2018 Mantap

Universitas Negeri Semarang (UNNES) di tahun 2017 dengan semangat reputasi sudah membuktikan gelora reputasi UNNES. Pembuktian ini merupakan kesadaran bersama yang bagus mulai dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan (Tendik).

Reputasi di UNNES ini dibangun dari dasar atas jati diri karakter, dengan karakter menghasilkan prestasi dan prestasi menimbulkan reputasi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat Sosialisasi Panduan Program Internasionalisasi dan Rapat Tinjauan Manajemen UNNES 2017, Kamis (28/12/2017) di Auditorium Kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Hadir 132 orang terdiri atas Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Ketua Badan, Kepala UPT, Kaprodi, Koordinator Penjaminan Mutu Fakuiltas, Kabag, dan Kasubbag di lingkungan UNNES.

Prestasi UNNES di 2017 publikasi di jurnal internasional bereputas, jurnal terindeks Scopus (1 jurnal), jurnal terakreditasi nasional (11 jurnal), jurnal terindeks DOAJ (83 jurnal) terbanyak di Indonesia, jurnal terindeks google Scholar (119 jurnal), dan artikel terindeks Scopus (346 artikel).

Selain itu, UNNES pada UI Green Metric peringkat 4 Indonesia dan peringkat 84 dunia. Sedangkan pemeringkatan Kemenristekdikti UNNES nomor 16 Nasional.

Prestasi bidang akademik, program studi terakreditasi Unggul (A) sebanyak 46 (46,93%), prodi terakreditasi B 33 prodi (33,37%), publikasi ilmiah internasional 346 karya ilmiah, dan PTn faforit nomor 7 pada SNMPTn dan SBMPTN.

Prestasi bidang umum dan keuangan tata kelola keuangan memperoleh WTP 7 tahun berturut-turut, penerapan sistem remunersi menjadi rujukan, peringkat 7 realisasi anggaran PTN BLU, peringkat 7 realisasi fisik PTN BLU, dan peringkat 8 deviasi terbesar antara serapan anggaran dan realisasi fisik PTN BLU.

Prestasi bidang kemahasiswaan diantaranya PIMNAS nomor 7 nasional, pendidikan bela negara, pemenang pengelola bidikmisi terbaik 1, pemenang kategori pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, dan pemenang kategori prestasi kegiatan internasional.

Sedangkan peringkat kinerja fakultas juara umum 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan ASlam (FMIPA), juara umum 2 FIK, dan juara umum 3 FT.

UNNES 2018 nanti menetapkan sebagai tahun internasionalisasi yakni menekankan pada pemingkatan mutu tridharma sesuai standar internasional, layanan prima, reformasi birokrasi, dan zona integritas. Dengan konsep penyelenggaraan tridharma PT yang digunakan bisa bersanding dan bersaing dengan perguruan tinggi di dunia.

Kunci sukses melaksanakan tahun internasionalisasi yakni dengan kebersamaan, integritas, dan kerja nyata, jelas Prof Fathur. (UNNES)

Paparan Focus Group Discussion (FGD) dan Sosialisasi Panduan Program Internasionalisasi serta Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Tahun 2017, materi dapat diunduh di sini dan di sini