Rakor Penyusunan Standar Pengelolaan PT & Updating Pelaporan PD Dikti

BPM mengadakan rapat koordinasi Penyusunan Standar Pengelolaan PT & Updating Pelaporan PD Dikti, rabu (21/6) di Ruang Rapat UPT TIK, Lantai 2 Kampus Sekaran. Kegiatan diikuti pejabat internal BPM dan masing-masing perwakilan dari Bagian Akademik dan Evaluasi BAKK, Subbag Pendidik BUHK, dan Koordinator Divisi UPT TIK beserta tim.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai prosedur pengelolaan PT dan penanggung jawab pelaksanaan updating data. Dengan demikian, PD Dikti sebagai salah satu sumber informasi dan basis pengelolaan PT dapat disajikan secara tepat, akurat, dan lengkap. Selain itu, PD Dikti mempunyai fungsi strategis dalam menentukan status dan peringkat PT maupun Program Studi. Oleh karena itu, pengelolaan dan updating PD Dikti harus dilaksanakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan.

Acara diawali oleh Sekretaris BPM UNNES, Agung Yulianto SPd MSi. Dalam sambutannya, Agung mengatakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memiliki cara baru yakni, meningkatkan kemampuan (upgrade) pangkalan data pendidikan tinggi dengan sistem feeder.

Lebih lanjut Agung menjelaskan dalam PD Dikti versi baru, kampus juga wajib memasukkan perkembangan proses akademik semua mahasiswa setiap semester. Dengan cara itu, bisa diketahui jumlah SKS yang sudah dijalani mahasiswa.

Hasil dari rapat ini diusulkan untuk menugaskan operator PD Dikti dari tiap fakultas untuk mengelola data dosen dan mahasiswa di fakultas masing-masing dengan operator dari tiap jurusan. Karena pengelolaan PD Dikti akan diserahkan kepada jurusan oleh operator prodi masing-masing. (NS)