Diskusi Persiapan Simulasi Asesmen Lapangan Akreditasi BAN-PT

Salah satu tahap dari proses akreditasi ialah melakukan asesmen lapangan untuk verifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam evaluasi-diri dan borang, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang  bersangkutan.

BPM menyelenggarakan kegiatan Diskusi Persiapan Simulasi Asesmen Lapangan Akreditasi BAN-PT, jumat (16/6) di ruang Rapat BPM Gd. Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko, Lantai 2 Kampus Sekaran. Kegiatan diikuti masing-masing Tim Task Force PDDikti dari tiap-tiap program studi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi sehingga tiap-tiap program studi dapat mempersiapkan dalam pelaksanaan asesmen lapangan, berisi penjelasan tentang tujuan asesmen lapangan, prosedur asesmen lapangan, fokus asesmen lapangan, penilaian pakar (expert judgment), dan laporan asesmen lapangan.

Acara ini diawali dengan sambutan Ketua BPM UNNES, Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd. Dalam sambutannya, Suwito, berpesan dalam rangka persiapan asesmen lapangan,  program studi melakukan semua hal mulai dari persiapan dan pelaksanaan asesmen lapangan.

Lebih lanjut penjelasan diskusi dipimpin oleh Agung Yulianto SPd MSi selaku Sekretaris BPM. Fokus materi berupa Persiapan misalnya saja yang paling jelas menyiapkan ruangan khusus dan perlengkapannya yang digunakan untuk kerja tim asesor. Menyiapkan dokumen yang diperlukan sebagai bukti, yang disusun sesuai dengan standar akreditasi. Saat pelaksanaan memberikan semua penjelasan isi borang yang telah disampaikan kepada BAN-PT. Memfasilitasi pertemuan asesor dengan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan dan mitrakerja. (NS)