Tata Kelola Homebase Dosen Program Studi

Dalam rangka persiapan proses akreditasi dan reakreditasi program studi, BPM menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Koordinator Program Studi di ruang Rapat BPM Gedung Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko, Lt. 2 Kampus Sekaran, Selasa (2/5). Rapat koordinasi yang dihadiri para Koordinator Penjaminan Mutu Fakultas dan Pascasarjana bertujuan untuk memperbaiki atau menyempurnakan homebase dosen pada masing-masing program studi yang bersangkutan.

Dalam sambutannya, Suwito Eko Pramono (Ketua BPM) menyampaikan bahwa homebase dosen program studi yang sedang mengajukan akreditasi atau reakreditasi masih kosong atau kurang. Oleh karena itu, Ketua BPM meminta kepada para Koordinator Program Studi untuk segera menyiapkan nama-nama dosen dan disampaikan kepada BPM untuk dimasukan dalam PD Dikti Kemristek Dikti. Usulan nama-nama dosen tersebut harus dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Dekan atau Direktur, selain itu, usulan tersebut harus dilengkapi dengan Surat Pernyataan bermeterai Rp 6.000,- serta dan SK CPNS dan PNS dari dosen yang diusulkan.

Beberapa program studi yang harus memperbaiki homebase dosen adalah Disain Komunikasi Visual (D3), Pendidikan Bahasa Mandarin (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S2), Ilmu Hukum (S2), Pendidikan Sendratasik (S2), Pendidikan Seni (S3), Pendidikan Bimbingan dan Konseling (S3), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S3), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (S3), Ilmu Pendidikan Bahasa (S3), dan Pendidikan Matermatika (S3).

Perbaikan homebase dosen ini sangat mendesak dan apabila tidak segera diperbaiki, maka akan menghambat proses akreditasi atau reakreditasi program studi. Pengalaman menunjukan bahwa BAN-PT tidak mau mengirimkan hasil akreditasi Program Studi Staterkom karena homebase dosen pada PD Dikti masih kosong. Untuk itu, Suwito Eko Pramono meminta kepada Koordinator Program Studi untuk segera mengajukan usulan nama-nama dosen karena tidak ada jaminan bahwa proses validasi oleh pengelola PD Dikti Kemristek Dikti dapat dilakukan secara cepat.

Agung Yulianto, Sekretaris BPM menambahkan bahwa BPM tidak dapat berbuat banyak apabila tidak ada usulan dari para Koordinator Program Studi. Oleh karena itu, semakin cepat usulan tersebut dapat kami terima, maka proses input dapat segera dilakukan dan kemungkinan proses validasi dapat dilakukan lebih cepat menjadi sangat terbuka. Untuk itu, BPM menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kerja samanya. (NS)